Resep Pisang Epe / Pisang Gapit




Halooo Assalamualaikum!
Di post kali ini aku mau share resep jajaanan khas Indonesia yaitu Pisang Epe atau di daerah aku lebih dikenal dengan sebutan Pisang Gapit.
Kalau gak salah ini adalah jajanan khas dari daerah Sulawesi, terus karena Kalimantan sebelahan kan ya sama Sulawesi jadi jajanan ini juga cukup terkenal di daerah pesisir Kalimantan.

Dulu pertama kali nyobain makanan ini waktu di Batulicin Tanah Bumbu, dan rasanya beda sama jajanan yang biasa beli di Banjarmasin karena emang gak ada sih hehe.
So yaa.. kebetulan kemarin mama ada request dibikinin pisang gapit buat buka puasa, setelah nyariresepnya dan dimodifikasi sedikit ini dia resep pisang gapit ala aku 😁



Bahan-bahan:
4 biji Pisang Manurun (Aku gak tau sebutan lainnya apa πŸ˜…)
2 block gula merah (aku kemarin pakai gula merah bubuk setengah sachet, biar cepet)
Gula putih secukupnya
Mentega
1 gelas belimbing air putih

Cara Membuatnya:
1. Keprok pisang sampai agak gepeng ya (bisa pakai ulekan, bisa pakai talenan)
2. Oleskan mentega
3. Panggang di atas teflon sampai warnanya agak-agak hitam

Bahan kuah:
1. Masukkan  gula merah dan gula putih secukupnya kalau dirasa belum manis dan air putih sedikit demi sedikit
2. Panaskan dan aduk sampai agak mengental

Selesai 😁
Sajikan deh pisang bersama kuahnya, oiya untuk kuahnya sendiri kalau suka lebih kental berarti airnya gak usah sampai 1 gelas, bisa separo aja. Jadi disesuaikan sama kesukaan kamu aja.
Terus kalau pengen lebih berasa bisa pakai panggangan ikan itu loh, tapi agak ribet sih dibandingin langsung pakai teflon.
Cocoka banget jajanan ini untuk yang suka pisang dan jajanan yang manis.

Segitu aja ya resepnya, semoga bisa membantu dan selamat mencobaπŸ˜€πŸ˜„


Komentar

@admilidyasari instagram