Tips Mencukur Rambut Bayi

Tips Mencukur Rambut Bayi



Mencukur rambut bayi menjadi hal yang biasanya dilakukan oleh para orang tua di Indonesia ketika bayi berumur 40 hari atau lebih, katanya kalau rambut bayi sering dicukur maka rambutnya juga akan tumbuh lebat.
Dan sunnah bagi muslim untuk mencuku rambut bayinya pada hari ke-7 dan menimbang rambut yang dicukur kemudian ditimbang beratnya, dan bersedekah dengan perak sesuai dengan berat dari rambut tersebut.

Ini kali ketiga rambut Ibrahim dicukur, dan kalau ditanya siapa yang mencukur rambutnya maka jawabanya adalah mamanya sendiri. #mamahemat
Kayak ada kepuasan tersendiri aja bisa nyukur rambut anak sendiri *lol

Yang pertama sekitar umur 2bulanan, yang kedua 6bulanan dan yang ketiga baru aja tadi pagi hahaha, sekarang umur 8bulanan.

Baca juga: Ibrahim 8 Bulan

Atas kedua, kiri bawah pertama, kanan bawah sekarang


Yang pertama agak sulit karena kulit kepalanya masih lembut banget, tapi enaknya dia masih bisa sambil tidur dicukurnya
Yang kedua aku cukur rambutnya sampai 3 hari kalau gak salah, jadi setiap mandi pagi sama mandi sore aku cukur rambut dia sedikit-sedikit karena anaknya sudah mulai aktif.
Yang ketiga, awalnya aku mau coba pakai cukuran rambut yang mesin itu loh kayak di tukang cukur rambut biasanya, awalnya sih tenang aja waktu aku taroh di baskom dan nyalain mesinnya, ehh waktu udah mulai cukur rambutnya dia nangis sejadi-jadinya, setelah beberapa kali cukur dia tetap nangis akhirnya aku stop deh, lanjutin cukur pakai gillete di bak mandinya wkwk.

Jadi apa saja tipsnya?

1. Sebaiknya saat bayi sedang tertidur lelap
Hal ini dilakukan agar si bayi tidak banyak gerak sehingga pencukuran rambut lebih mudah dilakukan

2. Gunakan pisau cukur untuk wanita
Aku mendapatkan tips dari kakak aku yang juga mencukur sendiri rambut anaknya menggunakan pisau cukur untuk wanita, aku pakai gillete for women daisy plus.
Di keterangannya sih ada tulisan moisture smooth strip atau lebih lembut gitu, jadi aman untuk kepala bayi.

Gillete razor for women daisy


3. Basahi rambut bayi
Sesuai pengalaman aku, rambut bayi jadi lebih mudah dicukur ketika basah. Dan jangan lupa sediakan tissue untuk membersihkan rambut yg tersisa di pisau cukurnya ya.

4. Sabar!
Karena mencukur rambut bayi memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi kalau masih kecil banget bayinya. Pertama kali cukur sekitar 1 jam, terus yang sekarang kurang lebih 30 menit lah baru selesai.

5. Ada hiburannya
Kalau bisa sediakan hiburan ya, karena bayi pasti bosen juga kalau lama. Bisa sediakan mainan favoritnya, bisa sambil main air di ember atau ada keluarga yang ngajak dia bercanda juga bisa.

Sekian tips dari aku, selamat mencoba yaaa, semoga bermanfaat!


Komentar

Postingan Populer

@admilidyasari instagram