Tips Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan



Assalamualaikum ❤
Gak kerasa yah udah hari ke-6 puasa Ramadhan, gimana puasanya? Masih kuat dong puasanya, semoga kita semua selalu dilancarkan ya ibadahnya di bulan ini.

Kali ini aku mau share beberapa tips untuk memaksimalkan iBadah di bulan yang mulia ini, sayang dong kalau gak kita manfaatin bulan ini dengan beribadah semaksimal mungkin.

1. Kurangi Main Handphone
Handphone sekarang ini seakan-akan udah gak bisa dipisahin lagi dari kehidupan kita ya? Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi yang dicari adalah handphone. Yuk kurangin waktu kebersamaan kita dengan handphone dengan melakukan hal lain yang jauh lebih bermanfaat, sayang banget kalau waktu kita habis di bulan Ramadhan cuma buat scrolling-scrolling atau bahkan stalking mantan??

2. Kurangi Nonton TV
Hayo ngaku siapa yang suka ngehabisin waktunya di bulan Ramadhan sambil tiduran nontom FTV spesial Ramadhan?? Atau ada yang hobi nontonin iklan sirup? ๐Ÿ˜‚Terus gak kerasa 1 jam 2 jam 3 jam eh seharian nonton TV aja ternyata yang dikerjain, sampai sholatnya yang ditunda garagara penasaran sama yang ditonton. Yuk ah dikurangin porsi nonton TVnya, kalau bisa sih NO TV selama Ramadhan, sanggup gak?


3. Kurangi Tidur
Kurangi tidur bukan berarti ngurangi porsi tidur malam kamu ya, tapi kurang tidur yang tidak bermanfaat, atau di sini ada yang suka tidur seharian waktu ramadhan? Mulai dari setelah sahur sampai mau buka puasa? Biasanya yang tidur begitu berasa hari cepat loh karena puasanya gak berasa. Duh jangan ya guys, sayang loh udah cape-cape puasa eh seharian cuma tidur sampai sholatnya juga dilewatin aja. 

4. Perbanyak Mengaji
Udah juz berapa nih ngajinya kalian? Jangan bilang Al-Qur'annya belum dipegang sama sekali ya dan jangan sampai Al-Qur'an cuma jadi pajangan di lemari.
Kalaupun kamu merasa gak ada waktu buat mengaji setidaknya ada lah 1 lembar yang dibaca dalam sehari, gak makan waktu banyak kok. Dan buat kamu yang waktunya lebih banyak bisa tuh diamalin One Day One Juz, jadi satu hari baca satu juz atau kalau mau lebih dari satu juz juga boleh..
Gimana caranya biar dapet 1 hari 1 juz? Baca 2 lembar Al-Qur'an setiap selesai sholat fardhu, sedikit-sedikit lama-lama khatam deh ๐Ÿ˜
Dan buat yang pengen nambah hafalannya, bikin target yuk ngehafal beberapa surah dengan deadline akhir ramadhan. 


5. Perbanyak Ikut Kajian Agama
Setidaknya dalam seminggu kamu hadiri deh kajian agama, menghadiri majelis ilmu di masjid nilai pahalanya gede lohhh, tapi kalau memang gak sempat juga bisa juga kok sambil nonton live atau streaming kajian-kajian di youtube atau sosial media lainnya. Selain nambah ilmu, di majelis juga biasanya kamu bakalan dapat teman-teman bahkan keluarga baru.

6. Perbanyak Sedekah
Sedekah gak selalu tentang harta, tapi kalau memang kalian berlebih dikasih Allah rezekinya boleh lah sedekah harta sesuai dengan kemampuan.
Sekarang juga sudah sangat mudah untuk bersedekah harta, banyak orang-orang baik yang bisa menyakurkan harta kita ke kepada mereka yang memang membutuhkan.
Sedekah bisa lewat senyum yang kamu kasih ke saudara kamu, bisa kewat ilmu yang kita ajarkan ke sesama atau dengan membantu orang yang sedang kesusahan lewat tenaga kita.
Jadi gak boleh ya pelit-pelit dengan apa yang kita punya karena semuanya milik Allah dan ketika kita bisa berbagi dengan hal-hal tersebut insya Allah bisa jadi ladang pahala buat kita ๐Ÿ˜„

7. Perbanyak Membaca
Selain baca Al-Qur'an kalian juga harus rajin baca buku ya, bukunya yang bermanfaat dan kalau bisa diperbanyak baca buku agama, malu dong sebagai muslim tapi belajar agamanya cuma waktu sekolah aja. Ilmu itu gak bisa didiemin aja, ilmu harus terus ditimba karena ilmu gak bakal ada habisnya shay.
Jadi semangat ya menuntut ilmunya, khusunya ilmu agama ๐Ÿ˜‰

Kalau bisa semuanya tetap diterusin ya jangan terputus sampai di bulan Ramadhan aja, karena beribadah memanglah kewajiban kita sebagai seorang hamba Allah❤

ูˆَู…َุง ุฎَู„َู‚ْุชُ ุงู„ْุฌِู†َّ ูˆَุงู„ْุฅِู†ْุณَ ุฅِู„َّุง ู„ِูŠَุนْุจُุฏُูˆู†ِ
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Komentar

@admilidyasari instagram