Bolehkah Ibu Hamil Besar Sholat Sambil Duduk



🌸Wanita yang tengah hamil besar umumnya kesulitan melakukan ruku dan sujud. Perut yang membesar membuat dia susah bergerak dan melipat tubuh atau membungkukkan badan.

Berikut ini tips sebagai solusinya:

🌸Ibu hamil termasuk kategori "orang yang tidak mampu", kaidah cara sholat orang tidak mampu berlaku baaginya. Sebagaimana dinyatakan dalam hadist:

صَلِّ قائماً، فإِن لم تستطع فقاعداً، فإِن لم تستطع فعلى جَنب “Shalatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk, dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring.” (HR. Bukhari 1117).

Ini salah satu wujud kemudahan ibadah dari Allah Ta'ala dan ia amat sesuai dengan perintah agar bertakwa semampu dirinya. Sungguh Allah tidak membebani para hamba-Nya melebih apa yang dia sanggupi.

Di antara ayat Al-Qur'an yang menjadi dalil pernyataan tersebut adalah firman Allah berikut:
(16). فَاتَّقُوا الَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ ....
"maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu..." (Q.S At-Thagabun:16)

🌸Jika wanita yang tengah hamil besar tidak mampu sholat sambil berdiri, maka dia boleh sholat di atas kursi, atau duduk di lantais. Dalam hal ini duduk di lantai lebih baik sebab sesuai dengan urutan Sunnah Nabi; bagu orabg yang tidak sanggup sholat sambil berdiri, maka sholatlah dengan duduk bersila di lantai. jika tidak mampu juga sambil duduk, insyaAllah boleh sholat dengan posisi berbaring.

📚Diambil dari buku Fikih Kesehatan Wanita oleh dr. Raehanul Bahraen, bab. Solusi Sholat Saat hamil besar (hal. 91-93)

Komentar

@admilidyasari instagram